Selasa, 30 Oktober 2012

Membuat foto twin (kembaran)

        Halo semuanya, ketemu lagi dengan saya Andi.. akhirnya nyentuh blog lagi setelah sekian lama semenjak puasa sampai lebaran. Anyway, sedikit curhat..sekarang lagi ngerjain tugas akhir, tapi berhubung otak sedang terdistraksi ke blog, yasudah apa mau di kata. hahaha..oke, sekarang saya akan mencoba memberikan sedikit tips tentang cara membuat kembaran kita pada sebuah foto. ya! semacam saudara kembar 'gadungan'. Mungkin beberapa sudah ada yang pernah tau atau bahkan bisa membuat dengan cara lebih baik, tapi disini saya harap sedikit tips dan tutorial ini diharapkan bisa sedikit membantu buat kita semua.. AMIN.
          Baiklah, jadi apa-apa saja peralatan yang perlu disiapkan (udah kayak demo masak aja deh), mari dilihat di bawah ini :

Kamera  dengan self timer kalo bisa
(merk apa aja boleh, mau kamera hape, kamera lubang jarum, terserah deh)

Tripod 
(Atau apapun yg bisa membuat kamera bisa tetap steady)
 
dan yang terakhir adalah Photoshop
(atau aplikasi editing foto)

          Jadi setelah barang-barang ini ada, kita bisa mulai membuat foto twi, mari bersiap-siap..
         1. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah, buatlah dua buah foto dengan fixed position, nah yang penting kita berada di tempat yang berbeda dari foto yang kita buat pertama kali. misalnya, foto pertama kita sedang mainin hp di sisi kiri , di foto selanjutnya kita berfoto disisi kanan sambil ngeliatin ke arah kiri dengan memasang muka kepo. hahaha.. fixed position dari foto tadi bisa kita buat dengan cara meletakkan kamera pada tripod. (Ohya, sebelum dilanjutkan cuman #FYI kebetulan karena di laptop saya gak ada persediaan foto, jadi yasudah kita comot saja dari website tetangga)

         2.Nah, setelah foto sudah diperoleh..langkah selanjutnya adalah kita buka aplikasi Photoshopnya..nah, langsung deh kita buka dua buah foto tersebut lewat Photoshop. Untuk berikutnya, kedua foto kita jadikan satu kedalam sebuah file.
      Caranya: Pilih foto kedua dan letakkan di file foto pertama ( Shortcutnya: select all di foto   kedua Ctrl+A, kemudian copy Ctrl+C, lalu pada file foto pertama kita paste Ctrl+V ) Agar lebih gampang bisa lihat di gambar di bawah ini:


         3. Oke agar kita tidak bingung, terlebih dahulu saya tetapkan, foto pertama adalah foto cewek yang disebelah kiri, dia lagi senyum dengan kepala miring ke kanan sambil ngelipat tangannya. Sedangkan foto kedua adalah foto cewek yang juga lagi senyum, tapi seolah olah lagi memegang bahu seseorang. Jadi, si foto pertama adalah Background, sedangkan foto kedua berada di layer 1. Kemudian supaya lebih gampang biar dalam pengeditannya, kita buat Opacity dari foto pertama kita kurangi sehingga lebih transparan. yahh, yang awalnya 100% mungkin bisa dikurangi menjadi 50%. Nah, kira-kira bentuknya jadi seperti gambar di bawah ini.

         4.Langkah selanjutnya pilih History Brush Tool, lalu pilih Soft Brush (untuk ukuran nanti tergantung bagian mana yang akan dihapus) dan mulailah membrush bagian tubuh dari foto kedua yang akan ditampilkan nantinya pada foto twin kita. Harap hati-hati yaa, jangan sungkan untuk meng-Undo kalau emang ada kesalahan. Nah, kurang lebih caranya begitu, hasilnya jadinya seperti ini :

      
            Nah kira-kira begitu caranya, banyak foto-foto lucu yang bisa kita buat. Hal yang penting diperhatikan adalah waktu bagian membrush menggunakan History Brush Tool tadi yaa.. Oke, ini ada beberapa foto yang pernah saya buat menggunakan metode di atas ini. Silahkan dinikmati, dan akhir kata..sampai jumpa di post-post berikutnya yang makin gila, makin edan, makin dahsyat!! :D


2 komentar:

Indra mengatakan...

ini dia yg gw cari-cari thanks gan

Orbitin.blogspot.com mengatakan...

thanks gan :D :D

Posting Komentar

 
;